Pada kali ini saya akan membahas tentang class, objek, metod, modifier public,static, private, void
class, objek dan metod
Class adalah suatu frame yang merupakan definisi yang memuat data dan metod pengolah data
Objek adalah bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod dapat direalisasikan
Dibawah ini adalah contoh dari class dan objek
public class Cat {
private String nama="Noname";
private int umur=0;
public Cat(String nm, int um) {nama=nm; umur=um;}
public void bark()
{System.out.println("Meooooonnnggggg");}
public void sayHello()
{System.out.println("Hello my name is "+nama+" I m a "+umur+"years old");
}
}
Metod
Contoh metod : bark(), sleep()
definisi metod :
[public/static] return_value nama_metod(parameter){ … }
{ isi metod}
Membuat objek pada dasarnya sama dengan mendefinisikan data dan mengisi nilai datanya.
Contoh :
Mendefinisikan data :
String nama;
Mendefinisikan data sekaligus mengisi data :
String nama=“Itemm”;
Mendefinisikan objek : (nama objek adalah myCat, merupakan objek dari class Cat)
Cat myCat;
Mendefinisikan objek sekalligus menginisialisasi nilai objek.
Cat myCat = new Cat(“Itemm”,5 );
Memanggil metode dari objek
Berikut ini class yang memuat program utama dan memanggil metod bark() dan seyHello().
Rumus memanggil metod adalah :
nama_class.nama_metod()
public class CatRun
{public static void main (String[ ] arg)
{ Cat myCat= new Cat(“Itemm”,5);
Cat yourCat = new Cat(“Manisss”, 4);
myCat.bark();
myCat.sayHello();
System.out.println(“Kenalkan kucingmu:”);
yourCat.sayHello();
} // akhir main
} //akhir definisi class
Setelah selesai edit disimpan dalam file :CatRun.java
Saat dikompilasi dengan :
>javac CatRun.java
Akan terbentuk dua file class, yiatu :CatRun.class dan Cat.class
Saat dieksekusi dengan :
>java DogRun,
Maka outputnya akan seperti di bawah ini
Modifier public, static, void, private
l Modifier public :berarti metod tersebut dipanggil bisa untuk semua class
Contonya :
l Pada definisi class, merupakan class yang memuat metod main(), dan nama file disimpan dengan nama class public
l Pada definisi metod, bermakna bahwa metod tersebut dapat diakses dari luar class yang bersangkutan
l Pada daefinisi data, bermakna data tersebut dapat diakses dari luar class
l Modifier void pada metod: berarti Metod tersebut tidak ada return valuenya atau bisa juga disebut type data yang tidak mempunyai nilai balik
Contohnya :
l Modifier static pada metod : berarti metod tersebut dapat dipanggil hanya dari dalam class yang sama
Contoh :
l Modifier private pada data : berarti data hanya dapat diakses dari class yang sama
Contohnya :
l Modifier protected pada metod : dapat diakses dari class turunannya
Constructor
Construktor adalah jenis metod yang akan otomatis dipanggil jika suatu objek dibuat
Construktor didefinisikan secara public dan namanya sama dengan nama classnya
Construktor dapat didefinisikan lebih dari satu definisi
Contoh : untuk Cat ditambah definisi construktor tanpa parameter, menjadi :
public Cat( ) { }
public Cat(String nm, int um){nama=nm; umur=um;}
Encapsulation
Encaptulation: konsep dalam OOP yang bertujuan membungkus (mang-kapsul) data dan metode dalam suatu class sehingga data dan metode yang tersembunyi dalam class tidak dapat diases dari luar class.
Encaptulation direalisir dengan modifier : private
Data yang dapat diases dari luar diberi modifier dengan public
Contoh :
class NilaiUjian
{ public int N_raport=0;
private int N_uan=0;
public void Cetak1(){System.out.println("N_raport="+N_raport);}
public void setN_Uan(int n){N_uan=n;}
public void Cetak2() {System.out.println("N_uan="+N_uan);}
}
Pernyataan
Perintah yang menyebabkan sesuatu terjadi dan mempresentasikan aksi tunggal dalam program java, setiap pernyataan ditutup oleh karakter semicolon (;) dan dikelompokan dengan tanda pembuka ({) dan penutup (}).
Konstanta (Constant variable)
digunakan apabila kita ingin membuat nilai sebuah variable tidak berubah atau tetap, constant variable menggunakan keyword final di depan tipe data, kadang sering digabungkan dengan keyword static. Contohnya : final float PI = 3.141592
Literal
Semua informasi (bilangan, karakter, string, boolean) yang mempresentasikan suatu nilai
contoh literal bilangan bulat dan pecahan
- int tahun = 2006; long nilai = 3L
- double myScore = 2.25; float piValue = 3.14
- double x = 12e22
- boolean pilihan = true;
- string quitMsg = "Yakin Ingin Keluar";
Posting Komentar